PPI MALAYSIA

Apa yang Akan Terjadi Kepada Dunia Setelah Coronavirus?

Published by Moza Saffanah on

Apa yang Akan Terjadi Kepada Dunia Setelah Coronavirus?

Oleh Moza Saffanah Andi Putri – Senin, 13 April 2020.


     Setelah WHO (World Health Organization) menetapkan bahwa COVID-19 tergolong sebagai sebuah pandemi, hal ini telah memberi pengaruh yang cukup besar terhadap kebiasaan kita sehari-hari. Pembelajaran secara tatap muka dan aktivitas bekerja di tempat kerja atau kantor diberhentikan dan diganti dengan aktivitas secara jarak jauh bertemakan digital, atau yang biasa kita sebut work from home. Banyak businesses dan hotel tutup, kegiatan keagamaan yang dilakukan dari rumah masing-masing, serta meeting yang diberlakukan online. Sudah hampir sebulan lamanya kita tidak merasakan berkumpul bersama di keramaian, mendatangi resepsi teman sendiri, merayakan ulang tahun teman, atau sekedar jalan-jalan di mall untuk mencuci mata.

     Kita semua pasti berharap periode coronavirus berakhir, tetapi pengaruh fenomena ini diyakini akan memberi banyak perubahan kepada dunia. Tidak hanya satu atau dua negara saja, tapi seluruh dunia. Dari segi sosio-ekonomi, politik, agama, kesehatan, serta kebiasaan kita sehari-hari.

Teknologi

From Zoom University to the Zoom Party - The New York Times
Kalau kamu pas kuliah onlen, tipe yang mana ?!

     Di segi teknologi sendiri, kita pastinya akan lebih bergantung pada teknologi. Zoom, Google Hangout dan Skype sudah cukup familiar di telinga kita dalam menjalani aktivitas pembelajaran maupun meeting. Dan selama periode coronavirus berlangsung, tingkat ketergantungan teknologi sudah meningkat pesat.

     Eitss.. tidak sampai pada situ saja. Teknologi pun dapat memberikan dampak negatif. Seperti contoh, negara Israel menggunakan smartphones warganegara mereka untuk nge-track lokasi mereka untuk melihat pergerakan virus COVID-19. Cara yang dilakukan negara Israel ini cukup efektif untuk mengontrol penyebaran virus, tetapi, jika jatuh pada tangan yang salah, privasi dan data kita dapat disalahgunakan untuk kepentingan sebuah instansi atau lembaga yang tidak bertanggungjawab.

Kesehatan

20 Funny Memes to Make You Laugh Out Loud This Evening | Funny ...
Ini teh yang salah pasiennya apa dokternya deh 🙁

     Segi lain yang juga terpengaruh secara signifikan adalah segi kesehatan. Menurut website terverifikasi worldometers.info, setiap harinya, semakin banyak orang yang terjangkit virus COVID-19, maka kebutuhan akan public health semakin merajalela. Tuntutan akan public health security akan berada di level prioritas yang sama dengan terorisme dan perlucutan nuklir. Seperti yang dikutip dari artikel di Al Jazeera, pemerintah akan meningkatkan infrastruktur rumah sakit dan mengerahkan petugas kesehatan dalam jumlah yang lebih banyak.

Agama

These photos show how coronavirus fears left religious sites empty ...
Kabbah yang biasanya tidak pernah sunyi, malah jadi sepi banget 🙁

     Tidak lupa juga segi agama, kegiatan agama seperti Haji dan Umrah bagi umat Muslim, Thaipusam bagi umat Hindu dan Jumat Agung bagi umat Kristiani yang biasanya dilaksanakan dalam kumpulan yang ramai tidak sama seperti biasanya untuk beberapa waktu kedepan. Bazaar ramadan yang biasa kita jumpai di sekitar perumahan pun akan diberhentikan untuk menghindari perkumpulan ramai demi memutus rantai virus COVID-19.

Ekonomi

COVID-19 Crisis: Political and Economic Aftershocks - Foreign ...
Gara – gara corona banyak pekerja dan pebisnis yang kehilangan sumber pemasukan 🙁

     Pandemi ini juga memberikan dampak yang cukup dahsyat untuk sektor ekonomi di seluruh dunia. Menurut statistik ILO (International Labour Organization), sekiranya akan ada 195 juta pekerja penuh waktu di seluruh dunia yang akan kehilangan pekerjaan mereka, dan hal ini akan mempengaruhi pengurangan jam kerja di seluruh dunia.  Sektor penerbangan, perhotelan, travel, dan perdagangan akan sangat merasakan dampak ekonomi setelah pandemi ini. Bahkan, pesta olahraga terbesar di dunia, yaitu Olimpiade 2020 di Tokyo, akan diberhentikan untuk tahun ini.

Sosial

Is This A Pigeon Meme - Imgflip
Buat yang introvert mah sans aja….

     Dalam segi sosial, istilah “social distancing” sendiri sudah tidak terdengar asing, kan? Selama satu bulan belakangan ini, orang terbiasa hidup sendiri, mungkin untuk orang yang telah berkeluarga tidak benar-benar hidup sendiri, dan menjaga jarak, bahkan, menurut CNBC Indonesia, kita disarankan untuk tidak mudik. Gerakan ini sudah memberikan perubahan yang besar bagi gaya hidup manusia. Petugas kesehatan, polisi, TNI, kurir dan banyak pekerjaan lain yang  disarankan untuk tidak kembali ke rumah mereka untuk bertemu keluarga, dikarenakan mereka dapat menjadi carrier bagi orang-orang di sekitar mereka. Kebiasaan kita untuk senantiasa menjaga kebersihan diri dan untuk tidak menyentuh muka dengan keadaan tangan yang kotor, dan lebih berhati-hati ketika keluar rumah. Penutupan mall, restoran, hiburan malam serta tempat beribadah. Meeting yang biasanya dilakukan di meja panjang dengan rekan kantor, lecture classes, kelas gym dan kelas memasak yang biasa orang datangi untuk memenuhi kegiatan mereka, kini sudah berubah menjadi serba online.

     Pengaruh-pengaruh di berbagai sektor kehidupan ini akan merubah dunia secara drastis. Ada baiknya kita mempersiapkan diri untuk perubahan tersebut dengan memanfaatkan waktu  senggang kita sekarang dengan memperbaiki diri, melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi diri dan lingkungan kita. Di tengah pandemi ini, banyak kursus online yang memberikan kursus mereka secara gratis, seperti Coursera dan Harvard University. Semoga pandemi ini segera berakhir, dan kita semua dapat berkumpul lagi, ya, teman-teman!


Sumber:

  1. Harari, Y. N. (2020, March 20). Yuval Noah Harari: the world after coronavirus: Free to read. Retrieved from https://www.ft.com/content/19d90308-6858-11ea-a3c9-1fe6fedcca75
  2. Harari, Y. N. (2020, March 20). Yuval Noah Harari: the world after coronavirus: Free to read. Retrieved from https://www.ft.com/content/19d90308-6858-11ea-a3c9-1fe6fedcca75
  3. Coronavirus Cases: (n.d.). Retrieved from https://www.worldometers.info/coronavirus/
  4. (n.d.). COVID-19 adalah Krisis Global Terparah Sejak Perang Dunia II. Retrieved from https://asumsi.co/post/covid-19-adalah-krisis-global-terparah-sejak-perang-dunia-ii

0 Comments

Leave a Reply