PPI MALAYSIA

Diskusi Mahasiswa Bersatu Sesi 4: Diskusi Peran Mahasiswa Selama dan Pasca Pandemi

Published by Moza Saffanah on

Moza Saffanah Andi Putri – 9 Mei 2020 | 23:55 MYT

Kuala Lumpur (9/05) – Pada malam hari ini telah dilaksanakan webinar ke-empat PPI Malaysia, yang merupakan sebuah program kerja dari Departemen Penelitian dan Kajian Strategis Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia (PPI-M), yang bertemakan “COVID-19: Mahasiswa, Selama, dan Sesudah Pandemik.”

Webinar ini dilaksanakan melalui medium video call Zoom yang tayang secara langsung pada pukul 21:30 MYT di platform YouTube PPI Malaysia, dan diisi oleh beberapa narasumber luar biasa dari para Ketua PPI Cabang se-Malaysia dan Ketua BEM Indonesia dari berbagai universitas, yaitu Ilham Tsani Rasyidan sebagai Ketua PPI IIUM, Tino Martino sebagai Ketua PPI UTEM, Muhammad Raffi sebagai Ketua PPI MMU, Lugas Ichtiar sebagai Ketua BEM UNSOED, Riezal Ilham Pratama sebagai Ketua BEM UNPAD, Agung Tri Putra sebagai Ketua BEM UNAIR, dan Muhammad Zainal Arifin sebagai Ketua BEM UNS. Dan tidak lupa juga ditemani oleh moderator kami, yaitu Siska Camelia Pradita.

Webinar ini diawali dengan diskusi bersama mengenai pemaparan gagasan dan pandangan para narasumber mengenai bagaimana peranan mahasiswa selama dan sesudah pandemik. Diskusi tersebut dimulai oleh Saudara Riezal Ilham Pratama selaku Ketua BEM Universitas Padjajaran. Beliau mengkritisi bagaimana peranan Pemerintah Indonesia, crisis leadership, dan bagaimana komunikasi dua arah sangat penting selama pandemi ini berlangsung.

Dikutip dari Saudara Ilham Tsani Rasyidan selaku Ketua PPI IIUM, peran yang dapat dilakukan mahasiswa dalam pandemi ini adalah sebagai “Agent of Change”, dimana dapat kita mulai dengan membantu sesama di daerah masing-masing, melakukan diskusi dan membaca informasi yang valid mengenai COVID-19 yang nantinya dapat kita infokan mulai dari orang-orang terdekat.

Dalam webinar ini, Ketua PPI Malaysia Periode 2019/2020, Muhammad Rajiv Syarif, juga ikut serta dalam sesi tanya jawab bersama Ketua PPI Cabang se-Malaysia dan Ketua BEM Indonesia.

Diskusi kali ini diakhiri dengan salam hangat dari Ketua PPI Malaysia Periode 2019/2020, yaitu Muhammad Rajiv Syarif dan diikuti oleh narasumber lainnya.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply