PPI MALAYSIA

Menghidari Dampak Berbahaya dari Internet

Published by malaysiaadmin on

Di era digital ini, internet sudah mulai awam digunakan oleh semua kalangan. Internet sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat. Tentu saja karena internet sudah mudah untuk diakses, hampir semua bidang tidak lepas dari yang namanya internet, mulai dari dunia bisnis, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Internet menjadi salah satu alat yang penting yang menghubungkan seluruh penjuru dunia. Banyak hal yang berubah didalam kehidupan kita akibat internet, contohnya cara kita berkomunikasi, melakukan transaksi, dan lain-lain.

Internet memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari, contohnya sebagai sumber informasi. Dengan adanya internet semua informasi dapat diakses melalui komputer, laptop, dan bahkan melalui smartphone kapan saja dan dimana saja. Internet juga bermanfaat sebagai media komunikasi, sebagian orang di dunia sudah memiliki media sosial yang dapat digunakan untuk berhubungan dengan orang yang jauh. Selain itu internet juga dapat menjadi sumber untuk mencari hiburan. Banyak jenis-jenis penyedia hiburan di internet seperti penyedia film, musik, video games, dan lain-lain.

Internet tidak hanya mempunyai dampak positif, tapi juga terdapat dampak negatif, salah satunya adalah penipuan. Dengan jumlah pengguna lebih dari 4 milyar penduduk dunia, tentunya penipuan sering terjadi. Karena internet dapat menjadi sumber informasi, banyak berita palsu yang sengaja dibuat untuk kepentingan pribadi. Tidak sedikit orang yang mudah tertipu dengan berita palsu. Internet juga menjadi tempat untuk orang-orang mengeluarkan hate speech atau ujaran kebencian yang membuat lingkungan internet tidak sehat. Ujaran-ujaran tersebut juga dapat memengaruhi keadaan mental seseorang. Akibatnya, banyak kasus bunuh diri yang terjadi akibat ujaran kebencian yang ada.

Beberapa tips dalam menggunakan internet

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama menggunakan internet, berikut tips-tipsnya:

  1. Jangan beri informasi pribadi sembarangan

Mungkin beberapa orang masih menganggap informasi seperti nama, nomor telpon, tanggal lahir, dan bahkan alamat tidak masalah untuk di post di internet. Padahal informasi-informasi tersebut dapat digunakan untuk melacak keberadaan anda dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Orang lain juga dapat menyalahgunakan informasi yang anda miliki.

  • Jangan menggunakan komputer publik untuk mengakses konten sensitif

Disarankan untuk tidak menggunakan komputer publik terutama untuk penggunaan yang berhubungan dengan hal-hal sensitif seperti online banking dan online shopping. Karena komputer publik bisa jadi telah dipasang perangkat lunak yang dapat merekam apa yang kita ketik. Perangkat lunak tersebut dapat menyimpan kata sandi yang kita ketikkan melalui keyboard dan mengirimnya ke orang yang tidak bertanggung jawab.

  • Pikirkan kembali apapun yang akan anda posting di internet

Dengan adanya internet kita merasa bebas karena kita bisa menge-post apapun di internet. Tapi sebenarnya kita tetap harus memilah hal-hal yang akan kita post karena apapun yang sudah di post di internet akan ada di internet selamanya. Sebelum kita post ada baiknya jika kita berpikir kembali apakah posting-an tersebut dapat merugikan diri kita atau bahkan dapat merugikan orang lain. Banyak orang yang dirugikan dengan hal-hal yang mereka post di internet. Misalnya saat anda diinterview kerja, postingan anda di media sosial yang dianggap buruk dapat memengaruhi pandangan orang yang mewawancara terhadap kita.

  • Unduh file-file dari sumber yang terpercaya

Sebelum mengunduh file dari internet, kita harus memeriksa kembali sumbernya. Apakah sudah terpercaya? Apakah ada hal yang mencurigakan dari halaman web tersebut? Kita harus teliti dengan hal ini karena banyak orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang memuat konten berbahaya, seperti virus, malware, spyware, dan perangkat lunak lainnya yang dapat merugikan. Banyak orang menganggap remeh virus dan malware ini. Padahal bisa jadi dampak dari virus tersebut berbahaya. Dengan virus ini, orang orang jahat dapat mencuri dan bahkan mengakses komputer kita. Pada tahun 2017, banyak komputer yang terinfeksi dengan ransomware wannacry, yaitu perangkat lunak yang dapat “memenjarakan” file-file anda yang penting dan mengharuskan anda membayar sejumlah uang untuk mendapatkannya kembali. Banyak pihak yang merugi dengan kejadian tersebut. Diperkirakan ada 200,000 sistem di 150 negara terinfeksi dengan ransomware ini.

  • Memasang dan memperbarui anti-virus

Untuk menghindari berbagai serangan dari internet seperti, virus, worms, dan malware, kita harus tetap memperbarui anti-virus.

  • Mengganti kata sandi secara berkala

Kata sandi merupakan penghalang bagi orang lain untuk mengakses hal-hal pribadi kita, dengan itu kita harus selalu mengganti kata sandi agar terhindar dari pencurian data.

  • Hati-hati dengan hal-hal yang mencurigakan

Kita harus tetap waspada dengan hal-hal yang ada di internet. Banyak orang yang terkena penipuan di internet seperti, carding, pencurian identitas, pencurian data. Penipuan tersebut dapat melalui link yang dikirim lewat e-mail spam, SMS yang meminta kode verifikasi, dan masih banyak cara lain.

Kayvan Prassana Afif

Divisi Keintelektualan dan Penelitian PPI-UM

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply