PPI MALAYSIA

Lockdown? Nggak perlu bosen!

Published by Azzahra Saskia Aini on

Azzahra Saskia Aini –14 April 2020

Lockdown? Nggak perlu bosen!

     Mayoritas dari kita mungkin merasa sedih atau khawatir ketika mendengar bahwa pemerintah akan memberlakukan lockdown. Jangan sampai kita malah menjadi tidak produktif ketika rutinitas normal yang kita jalani hilang. Justru pada saat inilah kita mempunyai kesempatan untuk membangun keterampilan baru, menjelajahi hobi baru, dan melakukan hal-hal yang selalu kita inginkan.

     Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa bosanmu selama lockdown:

Memasak

Padahal kamu cuman bakat masak Indomie 🙂

  Buat kalian yang selalu beli makanan dari luar atau skip jadwal makan karena nggak ada waktu, lockdown ini adalah saat yang tepat untuk mencoba masak sendiri. Baik perempuan atau laki-laki, seseorang yang bisa memasak akan punya nilai tambah tersendiri di mata orang lain. Kamu juga bisa mengakses berbagai macam resep makanan hanya dengan bermodalkan kuota internet dan video di YouTube.

Merawat diri sendiri

Skinkeran misalnya?

     Jadwal kerja yang sibuk, kegiatan sekolah yang padat dan tugas kuliah yang nggak ada habisnya sering membuat diri kita lupa untuk merawat diri sendiri. Kita bisa gunakan masa lockdown ini untuk melakukan self-care. Misalnya, dengan meminta anggota keluarga untuk memijat, menggunakan masker wajah dan melakukan meditasi akan sangat ampuh untuk boosting mood kamu.

Berolahraga

Padahal sebelum quarantine bangun dari rebahan aja udah keringetan 🙁

     Lockdown bukanlah hal alasan bagi kamu untuk menjadi pasif. Meskipun pada saat lockdown kamu enggak bisa pergi kemanapun, ada banyak banget jenis olahraga yang bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah. Contohnya, kamu bisa ikut kelas online yang disediakan oleh pelatih yoga secara gratis. Selain itu, kita juga bisa melakukan senam aerobik dan mengikuti video fitness di YouTube untuk mengisi waktu luang kita. Dengan berolahraga, kualitas tidur dan suasana hati kamu akan jauh lebih baik.

Belajar keterampilan baru

Siapa tau setelah karantina selesai, kamu bisa jadi pemain saxophone handal kan?

     Beberapa universitas terkenal di dunia seperti Universitas Standford, MIT dan Universitas Harvard banyak menawarkan kelas online yang bisa kamu akses dengan gratis. Mulai dari kelas public speaking, bahasa pemrograman hingga pengembangan game semuanya tersedia di internet. Untuk kamu yang sedang wfh, kelas online ini sangat bermanfaat karena mayoritas departemen SDM dari sebuah perusahan meminta karyawan mereka untuk meningkatkan keterampilan selama periode lockdown ini. Jadikan hal-hal tersebut menjadi hal yang dapat menyenangkan akal dan pikiran kita, serta akan berdampak ke kesehatan jasmani kita juga.

Mendekorasi kamar

Bisa banget nih buat yang selalu berantakan kamarnya 🙂

     Kapan terakhir kali kamu mengubah tampilan kamarmu? Waktu lockdown ini mungkin waktu yang tepat untuk memberi kamar kamu tampilan baru yang fresh. Beli dekorasi unik, ganti gorden tuamu dan pindahkan meja, lemari dan tempat tidur kamu untuk mencoba tata letak ruangan baru. Pada saat yang sama, kamu juga bisa membersihkan kamarmu untuk mencegah penyebaran virus corona. Percaya deh, selain membakar kalori yang banyak, aktivitas ini juga akan meningkatkan suasana hati kamu.

     Di saat seperti ini, kamu nggak perlu takut untuk bosan karena banyak hal bermanfaat yang bisa kita lakukan saat #dirumahaja. Jangan lupa untuk cuci tangan kamu setelah melakukan aktivitas tersebut dan selalu perhatikan kebersihan lingkunganmu setiap saat.


0 Comments

Leave a Reply