PPI MALAYSIA

Sambutan Ketua Umum

WhatsApp Image 2021-04-22 at 15.06.31

Assalamualaikum Warahmatullah Wabaraktuh
Salam Sejahtera
Salam Perhimpunan

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmatnya yang tak terkira dan tak terhingga untuk kita semua. Shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW.

PPI Malaysia tahun ini masuk di dekade keduanya karena 21 tahun silam tepatnya 1999 organisasi ini dibentuk oleh beberapa PPI Kampus yang tersebar di seluruh Malaysia. Dalam perjalanannya banyak sekali dinamika keorganisasian dan keberhasilan yang terjadi sehingga menjadikan PPI Malaysia sebagai organisasi yang sangat matang dan sarat akan pengalaman.

Perkembangan tersebut tidak lepas dari andil berbagai pihak terutamanya PPI Kampus yang menurut data terakhir terdapat lebih dari 40 lebih PPI Kampus yang tersebar di Semenanjung Malaysia serta Sabah dan Sarawak. Bersama PPI Kampus, PPI Malaysia diamanhi untuk mengayomi dan membina lebih dari 8000 mahasiswa atau anggota PPI Malaysia yang terdiri mahasiswa program sarjana sampai program doktoral.

PPI Malaysia 2021 ide dan visi besar untuk mewujudkan inovasi, karya dan SDM yang unggul dengan memegang teguh nilai nilai organisasi yang inklusif dan memiliki semangat yang progresif. Dalam mewujudkan visi besar di atas diperlukan:

  1. Sinergitas dengan seluruh stakeholders agar visi tersebut bisa sejalan dan senafas dengan yang lain.
  2. Kolaborasi tentunya dengan semua stakeholders, ini kami lakukan agar semua program kerja dan kebijakan bisa dirasakan kebermanfaatannya lebih luas oleh anggota PPI Malaysia maupun masyarakat pada umumnya.
  3. Aspirasi, kami meyakini semua program kerja dan kebijakan pastinya harus sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan PPI Kampus dan anggota PPI Malaysia. Dengan aspirasi ini lah kami berusaha mewujudkan PPI Malaysia sebagai organisasi Based on Data.

Dalam pelaksanaanya, 9 departemen dan 2 biro menerjemahkan gagasan besar di atas menjadi program kerja dan kebijakan. Itu semua dapat dirangkum menjadi 5 garis besar program kegiatan yang akan dilakukan PPI Malaysia sebagai berikut:

  • Kegiatan yang meningkatkan sinergitas antar mitra kerja PPI
  • Kegiatan pelayan terhadap permasalahan PPI Kampus yang responsif dan solutif
  • Kegiatan yang menghasilkan kontribusi secara nyata dan berkesinambungan
  • Kegiatan yang mendorong aktif pengembangan inovasi dalam dunia keilmuan
  • Kegiatan yang menjadi katalisator peningkatan karya dan prestasi dalam minat dan bakat.

5 garis besar tersebut merupakan bagian integral dari gagasan besar yang disampaikan diawal. Harapan kami adalah PPI Malaysia 2021 dapat dirasakan kebermanfaatannya oleh seluruh elemen masyarakat.

Namun, semua gagasan dan garis besar akan menjadi kenyataan apabila kita saling bahu-membahu, saling membantu, saling mengulurkan tangan dan saling gotong royong bukan hanya dengan pengurus tetapi juga dengan seluruh PPI Kampus dan anggota PPI Malaysia.

Karena kami tidak dapat bergerak sendiri mewujudkan semua hal itu. Oleh karena itu, kami membuka peluang kolaborasi dan Kerjasama dengan semua stakeholders terutama di kondisi Pandemi Covid 19 agar semua program kerja serta kebijakan dapat termaksimalkan dengan baik. Demikian sambutan singkat kami.

Salam Perhimpunan
Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh